Jumat, 07 Juni 2013

MACAM-MACAM PENYAKIT TULANG DAN CARA PENCEGAHANNYA

Macam Penyakit Tulang
1. Osteoporosis
Penyakit tulang osteoporosis adalah penyakit yang mengakibatkan tingkat kepadatan tulang menjadi turun. Osteoporosis bisa menggerogoti kemampuan tulang trabecular yang menyebabkan kekuatannya menjadi berkurang secara drastis. Hal ini akan membuat tulang menjadi mudah patah karena tulang cortical menipis. Biasanya penyakit osteoporosis terjadi pada wanita yang berusia lanjut dan memasuki usia menopause.
2. Osteomyelitis
Penyakit tulang ini disebabkan oleh bakteri yang menyebar dan mengurangi kekuatan tulang.
3. Osteomalacia
Penyakit tulang ini disebabkan oleh tulang yang menjadi lunglai karena kurangnya asupan vitamin D atau bisa juga disebabkan oleh kesalahan metabolisme pada tubuh. Seperti penyakit tulang osteoporosis, penyakit osteomalacia bisa menyebabkan tulang menjadi lebih mudah patah.
4. Rickets Rickets
Sering terjadi pada anak-anak yang sedang berada dalam masa pertumbuhan. Formasi tulangnya abnormal yakni adanya penumpukan kalsium pada tulang karena anak tersebut terlalu banyak meminum susu kalsium atau karena radiasi matahari.

Pencegahan Penyakit Tulang
Berikut beberapa pencegahan dan perawatan terhadap tulang yang bisa kita lakukan untuk menghindari penyakit tulang:
  1. Melakukan olahraga secara teratur sehingga mengurangi risiko penyakit tulang. Dengan melakukan banyak gerak maka komposisi tulang akan menjadi padat dan keropos serta patah tulang bisa diminimalisir.
  2. Asupan makanan harus diperhatikan agar kita mengonsumsi makanan yang bergizi dan memiliki serat yan tinggi. Tidak lupa juga untuk mengonsumsi susu berkalsium tinggi.
  3. Segera konsultasi dengan dokter jika kita merasa ada keluhan pada tulang dan persendian.
  4. Melakoni diet seimbang dengan cara rajin mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan vitamin D.
  5. Sangat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi alkohol secara berlebihan dan merokok.
  6. Lakukan tes tulang secara kontinu dan rutin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar