Rabu, 27 Maret 2013

EKONOMI



Ruang Lingkup Ekonomi

SEJARAH
            Sejarah ekonomi merupakan cabang sejarah yang paling sesuai dengan teknik-teknik kuantitatif, sehingga dianggap sebagai sains / ilmu sosial. Dalam sejarah ekonomi dapat ditest dan dibimbing oleh teori-teori ekonomi yang berkembang pesat. Teori-teori ini menyediakan bagi para sejarawan ekonomi suatu kerangka konseptual (conceptual framework) dan pola-pola hubungan yang bertugas sebagai pengarah dan pengontrol penelitiannya. Dalam Sejarah Ekonomi ada dua aliran:
1.  Mahdzab Annales (Perancis)
            Aliran ini umumnya menaruh perhatian yang besar pada aspek ekonomi dari masa lampau. Aliran ini tidak hanya mengkaji sejarah ekonomi tetapi juga sejarah sosial.
2.  Sejarah Ekonomi Baru
Penganut aliran ini meneliti aspek-aspek ekonomi dengan bantuan teori ekonomi yang sudah berkembang pesat. Tahun 1957 dianggap sebagai lahirnya aliran sejarah ekonomi baru ini.
Aliran ini disebut Cliometri karena menggunakan teori-teori ekonomi, menggunakan data-data statistic, pengukuran matematis, komputer dengan data processing dan berbagai teknik lainnya. Sejarawan John Meyer menggunakan analisis output-output untuk mengukur perubahan-perubahan dalam volume perdagangan Inggris pada rata-rata pertumbuhan ekonomi Inggris pada akhir abad ke-19.

PENGERTIAN
Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dankonsumsi terhadap barang dan jasa. Istilah “ekonomi” sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu οἶκος (oikos) yang berarti “keluarga, rumah tangga” dan νόμος (nomos) yang berarti “peraturan, aturan, hukum”. Secara garis besar, ekonomi diartikan sebagai “aturan rumah tangga” atau “manajemen rumah tangga.” Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.

FUNGSI EKONOMI
Fungsi ekonomi mempunyai tugas menjalin hubungan dengan berbagai pihak dalam bidang perekonomian, perdagangan, investasi, pariwisata, dan tenaga profesional. Dan memfasilitasi, menyelenggarakan dan berpartisipasi aktif dalam berbagai pameran dan forum dalam rangka meningkatka bidang-bidang diatas. Serta secara aktif menginformasikan situasi perkembangan ekonomi serta kegiatan perdagangan indonesia di berbagai forum.

TUJUAN EKONOMI
Ilmu ekonomi mikro (sering juga ditulis mikroekonomi) adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa yang diperjualbelikan. Ekonomi mikro meneliti bagaimana berbagai keputusan dan perilaku tersebut memengaruhi penawaran dan permintaan atas barang dan jasa, yang akan menentukan harga dan bagaimana harga, pada gilirannya, menentukan penawaran dan permintaan barang dan jasa selanjutnya. Individu yang melakukan kombinasi konsumsi atau produksi secara optimal, bersama-sama individu lainnya di pasar, akan membentuk suatu keseimbangan dalam skala makro dengan asumsi bahwa semua hal lain tetap sama.

MANFAAT EKONOMI
1.Perorangan
Dalam pengambilan keputusan-keputusan di dalam hidupnya, seringkali pertimbangan-pertimbangan ekonomis amat berpengaruh. Contoh : apa yang dimakan hari ini
Faktor-faktor ekonomi juga menjadi di dalam pertimbangan-pertimbangan ekonomi. Contoh : keuntungan dan kerugian, selera, gaya hidup, bakat, dll.
2. Dunia Usaha
Tujuan seorang pengusaha adalah memperoleh laba. Dalam rangka memperoleh laba tersebut, di sinilah hadir ilmu ekonomi. Contoh : Memastikan bentuk pasar apa yang dihadapi pengusaha tersebut, penentuan harga produk, penentuan pemasaran produk, penentuan upah karyawan, dan sebagainya.
3. Bangsa dan Negara
Faktor-faktor ekonomi amat berpengaruh pada kemampuan suatu bangsa untuk menangani masalah-masalah dalam dan luar negerinya. Kemajuan ekonomi menjadi penopang untuk negara bangkit sebagai negara besar atau sebaliknya, terbukti dengan adanya pembagian golongan negara maju, negara berkembang, dan negara terbelakang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar