Jumat, 07 Juni 2013

TIPS TIDUR BERKUALITAS


Istirahat yang cukup merupakan salah satu syarat untuk hidup sehat karena jika anda selalu mendapatkan jam tidur yang kurang dan sangat mempengaruhi kondisi kesehatan anda. Kurang tidur dapat menyebabkan masalah pada berat badan anda, kemurungan atau tidak bersemangat, masalah pada jantung dan bahkan membuat tubuh anda rentan terkena penyakit.Dampak dari kebiasaan buruk tersebut antara lain gangguan dengan maag, karena biasanya orang yang memiliki pola tidur yang buruk dapat dipastikan memiliki pola makan yang buruk juga. Apabila Anda mempunyai gangguan tidur, sebaiknya segera atasi permasalahannya dengan cara menciptakan tidur yang berkualitas pada malam hari agar tubuh selalu sehat dan bugar.
1. Jadwalkan waktu tidur anda
Menetapkan jam tidur anda secara teratur merupakan hal yang penting dalam mendapatkan tidur berkualitas dan keteraturan akan membantu metabolisme dalam tubuh anda berjalan baik.
2. Mengenali kebiasaan anda
Setelah anda mengetahui jam tidur anda setiap malam, maka agar jam tidur anda tidak terlewat persiapkan segala sesuatu kebutuhan yang biasa anda lakukan sebelum tidur dengan baik.
3. Berolahraga
Banyak pakar kesehatan, akan menganjurkan kita untuk berolahraga rutin karena banyak sekali manfaat berolahraga, salah satunya membantu anda agar cepat tidur di malam hari dan anda memperoleh tidur yang berkualitas (nyenyak).
4. Matikan komputer anda
Apabila anda penggila komputer untuk browsing ataupun bermain game, disarankan anda membuat jeda antara anda berhenti bermain komputer dengan saat sebelum tidur minimal setengah jam. Hal ini untuk mencegah kesulitan untuk tidur jika kita langsung berbaring sehabis menggunakan komputer. Memang kadang-kadang sulit untuk melakukan hal ini, tetapi harus dilakukan anda akan lebih cepat tidur apabila suasana rileks dan nyaman..
5. Hindari mengobrol di telepon sebelum tidur
Karena ketika anda mengobrol dengan teman anda di telepon, otak anda saat itu berada pada ‘mode siaga’ akan memerlukan waktu untuk merubahnya menjadi ‘mode tenang’ maka luangkan waktu kira-kira setengah jam untuk mendinginkan otak anda sebelum anda pergi tidur dengan otak yang tenang tentu saja membuat kita lebih cepat untuk tertidur.
6. Kasur
Usahakan kasur yang akan menopang tubuh anda lebih baik sehingga anda merasa jauh lebih nyaman selama tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar