Rabu, 14 Desember 2011

TULISAN ISD


PENDUDUK, MAYARAKAT, dan KEBUDAYAAN
“Permasalahan Penduduk di Indonesia”
          Setiap negara memiliki permasalahan penduduk yang berbeda-beda baik bagi negara maju maupun negara berkembang. Indonesia sebagai salah satu negara berkembang memiliki permasalahan penduduk yang cukup rumit, seperti tingginya jumlah dan pertumbuhan penduduk, penyebaran penduduk tidak merata, rendahnya kualitas sumber daya manusia, dan masalah sosial ekonomi.
1.   Jumlah dan Pertumbuhan Penduduk
Jumlah dan pertumbuhan penduduk yang tinggi akan menjadi masalah bagi Indonesia berkaitan dengan penyediaan kebutuhan bahan pangan, perumahan, pendidikan, dan ketatnya persaingan bagi pencari pekerjaan untuk memperoleh lapangan pekerjaan.
Oleh karena itu, tidak terkendalinya jumlah penduduk dapat menimbulkan penduduk miskin, yang kemudian akan disertai dengan bertambahnya wilayah pemukiman kumuh, maslah kesehatan, gelandangan, kriminalitas, dan berbagai masalah sosial lainnya.
2.   Penyebaran Penduduk Tidak Merata
Permasalahan kependudukan lain yang dihadapi Indonesia adalah penyebaran penduduk yang tidak merata. Pertumbuhan penduduk Indonesia yang tinggi dan penyebaran penduduk yang kurang seimbang merupakan faktor yang sangat mempengaruhi pemanfaatan hasil pembangunan untuk peningkatan kesejahteraan rakyat.
Penyebaran penduduk Indonesia yang tidak merata antara daerah perkotaan dengan di pedesaan juga dapat menimbulkan berbagai permasalahan. Seperti urbanisasi, pencemaran lingkungan, serta peningkatan ahli fungsi lahan perkotaan menjadi pusat kegiatan penduduk, pemikiman, dan industri. Kurang meratanya persebaran penduduk di Indonesia dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain kondisi sosial-ekonomi, kekayaan sumber daya alam, keadaan iklim, dan tingkat kesuburan tanah.


3.   Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)
Pengertian kualitas sumber daya manusia Indonesia adalah keadaan kehidupan penduduk Indonesia yang mampu memenuhi kebutuhan dasar hidupnya meliput kebutuhan jasmani maupun kebutuhan rohaninya.
Kualitas penduduk (sumber daya manusia) merupakan faktor penting yang dapat mendukung pertumbuhan ekonomi. Selain itu, perwujudan kualitas penduduk yang tinggi akan sulit tercapai apabila jumlah penduduk terus bertambah dan bahkan tidak dapat dikendalikan. Rendahnya kualitas sumber daya manusia tersebut ditandai dengan rendahnya tingkat pendidikan, tingkat kesehatan, dan rendahnya pendapatan per kapita penduduk.
4.   Masalah Sosial yang Mengganggu Penduduk
Penduduk Indonesia masih banyak menghadapi masalah
sosial yang cuckup komplek, seperti pengangguranm tingginya angka kriminalitas, gangguan keamanan lingkungan, ancaman teroris, tindakan pidana korupsi, dan konflik antar kelompok. Merebaknya gangguan keamanan dan masalah sosial ekonomi yang heterogen dapat mengakibatkan menurunnya kenyamanan psikologis penduduk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar