Rabu, 28 Desember 2011

TULISAN ISD


INDIVIDU, KELUARGA, dan MASYARAKAT
“Perubahan Masyrakat Dari Dalam &  Dari Luar”
1.  Perubahan dari dalam Masyarakat
a.   Perubahan Penduduk
Perubahan yang dimaksud adalah perubahan dikarenakan bertambah dan berkurangnya jumlah penduduk. Pertambahan penduduk akan menyebabkan perubahan pada tempat tinggal. Tempat tinggal yang semula terpusat pada lingkungan kerabat akan berubah atau terpancar karena faktor pekerjaan. Contoh perubahaan penduduk adalah program transmigrasi dan urbanisasi
b.   Pemberontakan atau Revolusi
Pemberontakan akan menyebabkan perubahan msyarakat, contohnya pemberontakan G 30 S/PKI pada tahun 1965 membawa perubahan terutama dalam politik Indonesia sehingga dilarangnya ajaran komunis di Indonesia. Pelarangan ajaran komunis di Indonesia ini disebakan karena tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila yang menjadi dasar hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara bagi bangsa Indonesia.
c.   Peranan Nilai yang Diubah
Perubahan juga dapat disebabkan berubahnya peranan nilai masyarakat. Misalnya, sosialisasi program keluarga berencana mampu menghambat pertambahan penduduk. Contohnya sebelum ada program keluarga berencana dari pemerintah, masyarakat yang sudah berkeluarga cenderung menginginkan mempunyai anak banyak, namun setelah ada sosialisasi program keluarga berencana masyarakat tumbuh kesadaran untuk membatasi kelahiran anak demi masa depan dan kesejahteraan anak itu sendiri.
d.   Penemuan Baru
Adanya penemuan baru dalam kehidupan masyarakat baik berupa ilmu pengetahuan maupun teknologi memengaruhi dan membawai perubahan dalam masyarakat itu. Penemuan mobil misalnya. Penemuan tersebut akan membawa kebudayaan dan sosial masyarakat. Dalam masyarakat akan terbentuk status sosial/berdasarkan harta yang dimiliki. Orang yang tidak memiliki mobil bisa dianggap status sosialnya lebih rendah dibandingkan orang yang memilikinya. Selanjutnya, orang yang memiliki sebuah mobil bisa dianggap lebih rendah status sosialnya dibandingkan orang yang memiliki lebih dari satu mobil.
2.  Perubahan dari Luar Masyarakat
a.   Pengaruh Lingkungan Alam
Pengaruh lingkungan alam sangat berpengaruh dalam terjadinya perubahan masyarakat. Misalnya, tanah yang subur dapat berguna untuk lahan pertanian sehingga masyarakat di daerah tersebut memiliki usaha sebagai petani.
b.   Kebudayaan Masyarakat Lain
Kontak kebudayaan antar masyarakat mempunyai dampak yang positif dan negatif. Contohnya, kontak kebudayaan bangsa Indonesia dengan bangsa Barat. Pengaruh positif berupa transfer ilmu pengetahuan dan teknologi, sedangkan pengaruh negatif berupa pola hidup kebarat-baratan (westernis) sekelompok anak muda.
c.   Peperangan
Peperangan akan menyebabkan pengaruh negatif terhadap sebuah aspek kehidupan masyarakat. Misalnya, perang Irak yang membawa derita dan trauma berkepanjangan bagi rakyat Irak.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar